On Facebook

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Membuat Baud (Ulir Luar)

Bengkel Bangun - Jika sebelumnya Bengkel Bangun sudah membahas masalah cara pembuatan ulir dalam atau mur, pada kesampatan kali ini akan membahas bagaimana cara membuat ulir luar atau baud.

Sama halnya dengan alat pembuat ulir dalam atau Hand Taps, alat pembuat ulir luar Sney juga dibuat dari baja karbon tinggi atau baja kecepatan tinggi (HSS),

Sebelum kita melanjutkan bagaimana cara membuat baud atau ulir luar ada baiknya kita mengenali terlebih dahulu alat sney secara mendetail.

Salah satu macam snei ialah suatu cakram dengan lubang berulir ditengah (pusat). Awal ulir pada kedua sisinya dichamper sehingga membentuk tirus, untuk memusatkan alat pemotong ulir tersebut pada benda kerja dan mempercepat proses pemotongan.

Lubang-lubang yang seragam, sejajar dengan sumbu ulir dan berhenti di bagian ulir, menimbulkan sisi-sisi potong, alur-alur pemotong beram dan ruang untuk membuang beram.
Alat pembuat ulir ini dibelah pada satu tempat untuk memungkinkan pengaturan lebarnya secara terbatas. Pembuat ulir ini di sekelilingnya dilengkapi dengan lubang-lubang penyetel yang berbentuk kerucut untuk mengatur pemotong ulir dalam tangkai alat pemotong ulir.

Rumus pembuatan lubang
Sebelum proses sney dimulai,pastikan benda kerja berdiameter sesuai dengan ukuran sney yang diinginkan. Untuk mengetahui berapa diameter yang sesuai bisa memakai rumus dibawah:

d= D + k
Dimana :
d = diameter benda kerja, satuan dalam mm/inchi
D = diameter nominal ulir, satuan dalam mm/inchi
k = kisar (gang).
Contoh :
 
Diameter untuk baud M10 x 1,5 adalah 10 + 1,5 = 11,5 mm 
 
 
Tangkai Sney digunakan untuk memegang sney dan memutarnya. Tangkai itu dilengkapi dengan empat/lima baut yang runcing ujungnya. Baut penahan (di tangkai yang besar dua baut) membantu penempatan snei pada tangkainya. Baut pusat dengan ujung 60o digunakan untuk membuka pemotong secara ringan sedang dua lainnya digunakan untuk mengunci pemotong dalam pemotongan. Jika baut-baut dikeraskan terlalu kuat pemotongan ulir akan patah. Pada pemotongan tertutup, semua baut digunakan untuk menahan pemotong.[Goes-BB]

0 Response to "Membuat Baud (Ulir Luar)"

Posting Komentar