On Facebook

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Cara Menggunakan Micrometer

Salah satu alat ukur yang sering dipergunakan pada bidang teknik adalah Micrometer. Dengan keakuratan sampai dengan / 100 mm maka keakuratan sangat terjamin.

Tapi dengan keakuratan tersebut maka banyak juga para teknisi yang banyak belum tahu tentang cara pakai dan cara baca alat ukur jenis ini.
Dan pada kesempatan kali ini Bengkel Bangun bermaksud berbagi cara memakai dan membaca Micrometer dengan baik dan dengan keakuratan yang tinggi. Lebih rinci dari yang sebelumnya tentang Micrometer. Dan jika anda dapati nama pada bagian-bagian Micrometer tidak sama, saya tegaskan bahwa kedua-duanya tidaklah mengapa karena kedua-duanya benar ( berbeda dalam bahasa saja ).

1. Penyesuaian nol
Sebelum menggunakan mikrometer, periksa untuk memastikan bahwa ujung nol disejajarkan dengan benar.

2. Pemeriksaan
Pada mikrometer berukuran 50~75mm seperti terlihat pada gambar, letakkan pengukur standar 50mm pada pembukaan, dan biarkan racher stopper untuk bergerak secara bebas sebanyak 2 sampai 3 putaran. Kemudian, periksa bahwa garis dasar pada thimbel dan garis ujung nol pada dengan garis outer sleeve sejajar.
Gambar


3. Penyetelan
  • Bila kesalahan kurang dari 0.02 mm
Kuncilah Spindle dengan lock clamp untuk mengamankan Spindle. Kemudian dengan memakai penyetel putarlah outer sleeve sampai tanda “O” thimble lurus dengan garis dengan garis outer sleeve. periksa kembali titik “O” untuk meyakinkan bahwa micrometer telah dikalibrasi dengan benar
  • Bila kesalahan lebih dari 0.02 mm
Kuncilah Spindle dengan lock clamp untuk mengamankan Spindle. Kendorkan Stopper sampai thimble bebas, Luruskan tanda nol thimble dengan garis outer sleeve dan kencangkan kembali racher stopper, periksa kembali titik “O” untuk meyakinkan bahwa micrometer telah dikalibrasi dengan benar.

Berikan landasan pada item yang akan diukur, dan putar Thimbel sampai Spindle menyentuh item dengan lembut.

Setelah Spindle menyentuh dengan lembut item yang hendak diukur, putar racher stopper beberapa kali dan baca pengukuran.

Racher Stopper menyatukan tekanan yang diberikan oleh spindle, sehingga saat tekanan ini melampaui tingkat spesifikasi, maka tekanan akan berhenti.
Gambar


Contoh pembacaan skala micrometer
Skala pada Outer Sleeve (Atas) = 55,00 mm
Kenaikan / Skala pada Outer Sleeve (bawah)  = 0,5 mm
Skala Thimble = 0,45 mm
Hasil pengukuran 55+0,5+0,45 = 55,95 mm
Gambar

1 Response to "Cara Menggunakan Micrometer"

  1. makasih om.. bermanfaat buat para guru dan siswa.. jika berkenan follow blog saya berisi materi pelajaran otomotif di http://mapelotomotif.blogspot.com

    BalasHapus