On Facebook

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Mengatasi Sakit Mata Akibat Las Listrik Bag II


Sakit mata terkena las listrik memang bukan main sakitnya. Tidak heran bila para pemula sering mengeluhkan rasa sakit akibat belajar las listrik.

Pada sebagian pemula, sakit terkena las listrik ini terkadang menjadi ancaman tersendiri hingga banyak gagal ditengah jalan tanpa mau meneruskan menjalani profesi sebagai tukang las terutama las listrik.

Pada beberapa waktu yang lalu Bengkel Bangun pernah memposting Cara Mengatasi Sakit Mata Akibat Las Listrik, yang ternyata banyak yang terbantu dengan cara Bengkel Bangun mengantisipasi sakit yang ditimbulkan selama atau setelah mengelas Listrik.

Dan pada kesempatamn kali ini Bengkel Bangun akan melengkapi posting tersebut, mudah mudahan akan bisa membantu para pemula dalam belajar las listrik.

Untuk mengantisipasi seminimal mungkin agar dalam pengelasan tidak sampai mata sakit berikut beberapa tips yang bisa dicoba:

  • Pakailah pelindung Las yang layak Pakai

Pelindung las yang paling utama yaitu kaca las hitam beserta dengan tamengnya. Kenapa kaca dan tameng las menjadi prioritas utama ? Ya sebab pada pengelasan las listrik bahaya yang paling utama adalah sinar ultraviolet dan suinar ultra merah yang ditimbulkan saat pengopreasian las listrik . Sedangkan untuk tameng las bisa meminimalisir dari asap yang ditimbulkan.

  • Pakai Kawat Las Yang Baik

Dengan memakai kawat las / elektroda yang baik maka saat penyalaan awal akan berjalan lancar. Dari berbagai kasus, saat penyalaan awal inilah yang sering menyebabkan tukang las  dengan tidak sengaja melihat dengan mata telanjang. Kriteria kawat yang tidak layak untuk penyalaan awal adalah kawat dengan ujung yang sudah terkelupas lapisan fluksnya, bisa juga kawat dalam kondisi basah.

  • Tatap Las Bagian Bawah

Jika ternyata kita perlu menatap saat pengelasan berlangsung kami sarankan menatap pada bagian bawah sinar las (lihat gambar). Hal ini akan sangat meminimalisir rasa sakit pada mata. Tapi untuk cara ini bisa dilakukan oleh tukang las yang sudah kebal dengan sinar yang ditimbulkan saat pengelasan berlangsung. Karena jika pemula yang masih sensitif melakukannya akan berakibat fatal



  • Kompres Mata

Agar mata tetap fresh atau segar, lakukan kegiatan rutin dengan mengkompres mata dengan parutan mentimun. Caranya dengan memarut mentimun dan taruhdi kelopak mata dengan mata posisi terpejam. 

  • Tetes Mata Alami

Jika memang mata sudah terkena atau mulai terasa sakit anda bisa coba dengan membuat obat tetes mata alami yang aman dalam penggunaan. Resep ini merupakan dari sahabat Bengkel Bangun yang dulu aktif di Pengedokan Kapal kenamaan di Kota Sampit.

Obat tetes mata ini adalah air dari parutan kentang yang sudah higienis atau bersih sebelum diparut. Cara pemakaiannya cukup diteteskan pada mata 2 atau 3 tetes dalam sekali pakai.

  • Hindari Obat Tetes Mata Pant#cain

Pada posting sebelumnya bahwa Bengkel Bnagun merekomendasikan untuk obat instan adalah Pantiocain, tapi untuk selanjutnya hindari sebisa mungkin pemakaian Pantocain dalam waktu yang sering. Walau bagaimanapun juga dengan adamya sakit mata itu merupakan alarm pada tubuh kita bahwa, ada yang tidak beres yang ada diri kita. Jadi untuk pnggunaan Pant#cain usahakan seminimal mungkin.

Belajatr untuk memperkebal mata terhadap sinar las

bersambung

8 Responses to "Mengatasi Sakit Mata Akibat Las Listrik Bag II"

  1. Aku pernah melihat orang melas, memang hanya sebentar saja, namun mata terasa pedih. Thanks pal buat sarannya.

    BalasHapus
  2. kebanyakan para tukang las..mengabaikan pelindung mata..berupa kaca hitam, padahal itu untuk safety dan keamanan mata,
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
  3. info yg menarik, keep posting :)

    BalasHapus
  4. kemarin sy ngelas.. semalam lg tidur terbangun.. karena mata perih bgt.. keluar air mata banyak bgt...sampe subuh br bs tidur.. pagi2 lgsg sy kompres pake potongan mentimun.. trus tidur lg.. agak mendingsn sih... rencananya mau berobat kespesialis mata. mudah2an gak bahaya..

    BalasHapus
  5. katanya minum obat bodrex

    BalasHapus

  6. Nice information, many thanks to the author. It is incomprehensible to me now, but in general, the usefulness and significance is

    overwhelming. Thanks again and good luck!
    phytogreen | zell v platinum |
    zell v | zell v phytogreen | zell-v placenta anti aging | zell v phytogreen |placenta domba

    BalasHapus
  7. Kabarnya mata perih dan terasa berpasir itu akibat sinar ultraviolet yg membentuk gelembung2 udara di dalam mata (proses pendinginan alami mata, menurut saya) dan gelembung udara tsb muncul kepermukaan mata

    apa benar ???

    BalasHapus