On Facebook

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Cara Pasang Minyak Rem Cakram


Bengkel Bangun -  Pernah memasang minyak rem pada rem depan cakram sepeda motor ??. Jika sekedar nambah mungkin sudah sering dilakukan. Tapi jika pasang baru karena ganti master rem atau penyebab lain mungkin lebih baik ke bengkel bukan??.

Kali ini Bengkel Bangun akan memberikan tips bagaimana cara pasang minyak rem untuk rem cakram, dan dalam hal ini diaplikasikan ke rem sepeda motor. Tips ini saya berikan memang dalam memasang minyak rem tersebut termasuk dalam katagori gampang-gampang susah. Gampangnya memang tinggal tuang minyak pada tempat yang sudah disediakan pada stir motor sebelah kanan. Dan susahnya tidak selalu setelah pasang rem akan berfungsi selama masih terjadi masuk angin. Dan jika memang belum berpengalaman bisa-bisa dalam memasang sambil menangis karena rem tidak akan berfungsi.....


Alat Yang Diperlukan
  1. Slang d = 8 mm
  2. Kunci Pas 8 mm
  3. Minyak Rem Dot 3
  4. Kompresor / Hand Pump

Cara Pasang
  1.  Buka penutup tempat minyak
  2. Masukan slang ke baud nipel pada master rem.
  3. Isi slang tersebut dengan minyak
  4. Longgarkan baud nipel dengan kunci pas 8 mm
  5. Tiup minyak yang ada di slang dengan kompresor / pompa tangan
  6. Lakukan sampai tepat minyak di stir motor penuh
  7. Kencangkan kembali nipel dan pekerjaan selesai
 Pada prinsipnya dengan cara pasang minyak dari bawah akan mengurani resiko masuk angin. Berbeda dengan cara memasukan dari atas, yang pasti akan terjadi masuk angin yang nanti berakibat akan kesulitan dalam membuang angin tersebut.




Semoga tips sederhana ini bisa bermanfaat bagi pengunjung blog Bengkel Bangun pada khususnya dan para pelaku teknik ada umumnya.




5 Responses to "Cara Pasang Minyak Rem Cakram"

  1. Menarik caranya ini, biasanya jika saya pergi ke bengkel tambah minyak rem dipasang dari atas oleh teknisinya.

    BalasHapus
  2. @ Intan

    Untuk penambahan memang tidak masalah melalui atau dari atas. Dan Postingan ini untuk cara jika pasang baru.

    BalasHapus
  3. hallo Bengkel Bangun, tolong minta pencerahannya....?. Saya ada masalah dengan pembuangan angin palsu pada rem cakram. Udah di isi semua dengan minyak rem dot 3. antara lain; selang,piston bagian bawah, sama ganti piston bagian atas/stir. namun semua yang saya lakukan baik tekan lepas di bagian rem atas tidak membuahkan hasil. minyak tidak dapat turun dengan banyak.akhirnya saya menangis alias bingung sendiri. Tolong ya beri pencerahan apa masalahnya. Makasih

    BalasHapus