On Facebook

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Skur Spuyer Karburator | Atasi Banjir Karburator

Bengkel Bangun – Pernahkah motor anda mengalani karburator banjir ?? Kalau motor anda masuk dalam katagori buka bungkus, kejadian karburator banjir memang hampir 100 % tidak akan terjadi. Namun bagi katagori motor yang sudah berumur, karburator banjir sudah menjadi penyakit turunan yang harus segera diatasi.

Penyebab Karburator Banjir

Banyak penyebab karburator banjir dan diantaranya adalah karena tidak rapatnya jarum pelampung yang menutup aliran bahan bakar ke karburator. Karena jarum pelampung ini tidak rapat mnutup bahan bakar yang mengalir ke karburator, maka bahan bakar ini akan terus mengalir dan terbuang melalui saluran pembuangan. Dan jika saluran pembuangan ini tertutup maka aliran bahan bakar ini akan mengalir ke uang bakar. Jika sampai hal ini terjadi maka bisa dipastikan mesin akan susah hidup.

Gambar di atas adalah cara kerja pelampung, jika bahan bakar di ruang pelampung kosong maka jarum akan membuka dan bahan bakar akan turun. Sedangkan jika bahan bakar di ruang pelampung penuh maka pelampung akan naik dan jarum pelampung akan menutup aliran bahan bakar.

Penyebab dari tidak rapatnya jarun pelampung ini menutup bisa disebabkan terganjalnya jarum pelampung oleh pasir atau kotoran yang yang ada pada tangki bahan bakar. 

Dan penyebab lain adalah karena spuyer sudah luka atau tergores sehingga meskipun jarum pelampung sudah menutup tapi masih ada celah untuk bahan bakar tetap mengalir.

Cara Mengatasi Karburator Banjir

Cara menghentikan banjir karburator jika penyebab tersebut diatas adalah sbb: 
  1. Jika Jarum pelampung terganjal oleh kotoran, cara mengatasi sangat mudah. Setelah anda lepas komponen silahkan tiup dengan kompresor tiap-tiap lubang yang ada pada karburator tersebut. 
  2. Jika spuyer yang tergeres atau luka, jika spuyer pada jarum pelampung ini tergores cara mudah adalah dengan menggantui dengan kitnya. Tapi tidak demikian yang Bengkel Bangun ajarkan, Silahkan ikuti cara Bengkel Bangun untuk mengatasi akibat dari Karburator yang banjir karena spuyer tergores.

Skur Spuyer Karburator

Bahan / Alat

1. Cotton bud 
2. Metal Polish 
3. Bensin

Cara Kerja

1. Bongkar komponen karburator 
2. Olesi cotton bud dengan sedikit metal polish 
3. Skur spuyer dengan cotton bud 
4. Lakukan sampai tidak ada kebocoran lagi dan sesekali basahi dengan bensin

Cara tessebut diatas dijamin akan memuaskan jika anda telaten dalam menskurnya. Mengapa dengan metal polish.?? Karean tingkat kekasaran metal polish pas dengan keadaan dari spuyer karburator tersebut. 

Berbeda jika menggunakan skur untuk skur klep yang tingkat kekasarannya terlalu kasar. Jadi tidak cocok dan bahkan akan merusak spuyer dari karburator tersebut.

9 Responses to "Skur Spuyer Karburator | Atasi Banjir Karburator"

  1. Thanks banget gan, ulasannya. Saya jadi tahu prinsip kerja pelampung dan penyebab bocornya karburator.

    BalasHapus
  2. assalamualaikum, link BENGKEL BANGUN sudah saya pasang dengan rapi di blog saya,, silahkan di cek..http://dennyaby321.blogspot.com/
    pasang link saya juga ya sob.

    BalasHapus
  3. Selain boros bensin dan tenaga...banjir karburatosr juga tak baik bagi dompet kita. Tip manfaat,ijin belajar dan memahami.

    Lama juga saya tak berkunjung kesini,ada kesempatan sedikit buru-buru saya kejar kekangenan ini. Salam sukses..keep blogging,salam!

    BalasHapus
  4. Minal Aidzin Walfa Idzin mohon Maaf Lahir Dan Batin...dan Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri ya sob......

    BalasHapus
  5. Anonim2/09/2014

    Assalamualaikum.. Pak, saya mau bertanya mengenai karburator, sering netes di pembuangan.. Katanya sih lubang jarum pelampung udah aus sehingga jarum terlalu ke dalam, sama orang bengkel di ganjal pakai kertas di area T. bagaimana solusi yg baiknya, atas bantuannya kami ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  6. Makasih om ilmu nya udah saya aplikasikan ke karburator motor supra x 125 saya.. memang masalah utamanya adalah bensin menetes.. udah ganti jarum pelampung n pelampungnya yang ori pun masih bermasalah.

    Trus saya skur dengan cotton bud yang dioles dengan KIT metal polish. cuma cara saya agak nyeleneh sedikit.. karena dirumah punya mesin bor.. ujung mesin bor saya ganti dengan cotton bud hehehe.. tp tetep dioleh dengan metal polish... sekarang jadi mulus banget... hehehehe..

    trims.. ardian - jaksel

    BalasHapus
  7. Mantep banget nih ilmunya gan... Oke ane cobain ke karbu ane gan.

    BalasHapus
  8. Kalau sudah di lakukan skir tapi masih banjir gmana solusinya gan.????

    BalasHapus
  9. Sip.....
    lasblock.blogspot.com

    BalasHapus