On Facebook

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Cara Mematikan Nyala Las Karbit

Bengkel Bangun - Terkadang hal yang dianggap sepele oleh kita justru memegang atau mempunyai pengaruh luar biasa. Demikian juga pada postingan kali ini.

Meskipun sepertinya sangat sepele namun jika salah dalam proses mematikan nyala las karbit akan berakibat sangat fatal dan yang paling parah dan apesnya adalah meledaknya tabung gas karbit.

Mengapa demikian ??

Secara logika jika api yang kita anggap sudah mati ternyata masih menyala di dalam blender karbit maka bisa berakibat nyala balik, yang akan berakibat bisa meledakan tabung gas karbit jika tabung pengaman tidak berfungsi dengan baik (baca penjelasannya disini.

Untuk itu perlu ketelitian dalam mematikan nyala las karbit agar aman dan tidak mengandung resiko.

Sudah kita ketahui bahwa blander karbit terdapat 2 kran yaitu kran oxigen dan assitilin (karbit). Untuk aman dalam mematikan nyala setelah selesai proses pengelasan selesai yang ditutup terlebih dahulu adalah kran karbitnya (Assitilin). Dengan penutupan kran karbit terlebih dahulu apa didak spontan mati maka akan tertiup oleh oksigen yang masih berjalan.

Hal ini berbeda jika kran oxigen yang ditutup terlebih dahulu baru kran karbitnya. Dengan proses seperti ini Bisa saja api masih hidup di dalam blander karbitnya.

2 Responses to "Cara Mematikan Nyala Las Karbit"

  1. ternyata proses mematikannya harus sesuai SOP, karena kalau kran oxigen yang ditutup duluan, maka bisa fatal jadinya... :)

    BalasHapus