Home » » Cara Buat Bahan Pengisi Las Aluminium

Cara Buat Bahan Pengisi Las Aluminium

Written By Bagus Sugiarto on Jumat, 15 Juni 2012 | 21.44

Bengkel Bangun – Setelah sebelumnya Bengkel Bangun secara singkat menjelaskan bagaimana cara Las Aluminium. Kali ini kembali membahas proses pengelasan Las Aluminium untuk anda yang berminat secara bertahap.

Sudah diterangkan sebelumnya bahwa dalam proses Pengelasan Aluminium ada tiga tahap, yaitu
  1. Pembuatan bahan pengisi
  2. Proses pengelasan
  3. Finishing
Dan pada kesempatan ini Bengkel Bangun akan membahas bagaimana cara membuat bahan pengisi untuk las aluminium.

Berikut tahapannya;

Pengecoran

Untuk pengecoran ini yang harus anda persiapkan dan kerjakan sbb;
  1. Meja Las

    Untuk meja las, anda persiapkan dari besi plate dengan ketebalan menyesuaikan panas las itu sendiri. Atau lebih kurang 5 mm. Dengan ketebalan tersebut sudah bisa menahan panas jika terjadi proses pengelasan. Sebab jika terlalu tipis dari ukuran tersebut akan berubah bentuk (melengkung) yang berakibat terganggunya pada pengelasan nanti.

  2. Cara Cor

    Panaskan semua bekas aluminium untuk pembuatan bahan pengisi di atas meja besi yang anda persiapkan tadi. Buat semua bahan tersebut menjadi cair atau menjadi bubur. Sampai tahap ini anda harus membersihkan semua kotoran yang menempel / tercampur pada bubur aluminium tersebut.

    Gunakan besi kawat dengan ukuran diameter 4mm dengan panjang 30 cm untuk mengaduk dan membuang kotoran yang ada di dalam bubur aluminium. Bersihkan sampai benar-benar bersih untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

    Bagaimana anda mengetahui jika tercampur kotoran ?? Jika anda melihat di dalam bubur aluminium terdapat gumpalan-gumpalan hitam dan juga nyala pijar yang terang menyilaukan, itulah kotoran yang harus dibuang. Anda dituntut untuk terampil memainkan kedua tangan. Tangan kanan untuk memanaskan sedangkan yang kiri untuk mengaduk dan membuang kotoran yang perlu dibuang.
    Jika sudah bersih, diamkan sesaat sampai bubur aluminium tersebut agak dingin dan mengeras.

Memintal

Istilah memintal sengaja kami gunakan dalam proses ini. Maksud dengan memintal disini adalah membuat gumpalan aluminium hasil pengecoran menjadi bilah-bilah panjang seperti layakna kawat las yang dijual dipasaran.

Proses pemintalan sebagai berikut;
  1. Pegang gumpalan aluminium dengan tang menggunakan tangan kiri
  2. Panaskan ujung lain dari gumpalan tersebut dengan blander las, bbisa menggunakan blander potong LPG maupun perangkat las karbit (asitilin)
  3. Sedikit-demi sedikit cairkan ujung aluminium perlahan-lahan dan usahakan jangan sampai mencair secara keseluruhan.
  4. Jika mulai mencair jalankan aluminium supaya cairan yang dipanaskan memanjang,
  5. Tetap stabilkan gerakan tangan kiri dan kanan untuk hasil yang maksimal. Tetap panaskan untuk pencairan serta tarik terus untuk memanjangkan.
  6. Untuk panjang sesuaikan dengan kebutuhan dan kemahiran anda dalam memintal.

Dengan demikian maka proses pembuatan bahan pengisi untuk las Aluminium telah selesai, silahkan anda praktekan untuk anda yang berminat denga Pengelasan Aluminium. [bb]

Share this article :


 
Support : Bengkel Bangun Online
Copyright © 2011 - 2021. Bengkel Bangun
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger