On Facebook

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Penyebab Ledakan Tabung Karbit

Bengkel Bangun – Sebuah ledakan tabung karbit sering kita dengar pada bengkel las karbit. Baik dalam sekala besar maupun sekala kecil. Karena sifatnya yang sangat berbahaya sebaiknya kita tahu bagaimana ledakan tabung karbit itu bisa terjadi. Sehingga kita bisa meminimalisir terjadinya ledakan tersebut.

Satu penyebab dari ledakan yang ditimbulkan yang berhubungan dengan pengelasan adalah terjadinya nyala balik.

Nyala balik yang ditimbulkan pada saat pengelasan berlangsung akan menerobos masuk ke dalam tabung karbit. Karena gas asitilin atau gas karbit yang sifatnya mudah terbakar inilah yang menyebabkan terjadinya ledakan.

Resiko terbesar dari ledakan tersebut adalah pecahnya tabung utama / tabung penampung gas asitilin. Tapi jika kontruksi dari tabung tersebut kuat paling hanya menjebol tutup tabung utama tadi.

Setelah kita tahu bahayanya api nyala balik saat pengelasan, hal terpenting pada proses pengelasan berlangsung sedapat mungkin untuk bisa menahan nyala balik tidak menerobos tabung utamna / tabung penampung gas asitilin, yaitu dengan cara melengkapi dengan tabung pengaman.

Cara Kerja Tabung Pengaman

Lihat gamnbar dibawah untuk memahami cara kerjanya.

  1. Pastikan pengisian air sesuai petunjuk pada gambar yaitu minimal sejajar pada corong pengisian tabung pengaman (no 11). Untuk Kapasitas air pada tabung utama bisa lebih atau kurang sesuai dengan pekerjaan.
  2. Gas asitilin yang ada pada ruang penampung (no 8) akan mengalir menuju ke tabung pengaman (no 6) lewat pipa (no 9).
  3. Kini gas asitilin akan tertampung di no 3 sebelum keluar lewat pipa keluar (no 2)
  4. Jika terjadi nyala balik maka gas asitilin yang terbakar hanya di tabung pengaman (no 3).
  5. Karena dilengkapi dengan mur pengaman (no 1) berbahan kuningan maka ledakan kecil hanya akan menjebbol mur pengaman tersebut . Maka amanlah tabung utama (no 10)dari ledakan besar .

Jadi walaupun terjadi nyala balik dan ada sedikit ledakan itu tidak sebesar atau berbahaya jika sampai meledakan tabung utama. Karena yang pecah hanya mur pengaman saja.

Mudah-mudahan keterangan diatas mudah dimengerti dan bagi adik-adik saya yang mau buka usaha bengkel las karbit tidak akan khawatir dengan adanya ledakan yang berbahaya karena seminimal mungkin sudah bisa mengatasinya.

Untuk yang belum jelas silahkan untuk bertanya lewat komentar dibawah ini atau lewat sini. [bb goes]

24 Responses to "Penyebab Ledakan Tabung Karbit"

  1. teknik yang bermanfaat, mesti dimanfaatkan bagi yang punya bengkel las karbit,
    dulu pernah ngelas pake karbit, taunya cuma pake..hehe

    BalasHapus
  2. Nach tips inilah yang pastinya bermanfaat bagi banyak orang.Andai sedini mungkin kita mencegahnya,hal yang tidak diinginkan tak akan terjadi.Tabung Pengaman harus jadi kelengkapan wajib bagi tabung karbit.
    Nice share Gan,makasih ya,happy blogging.

    BalasHapus
  3. wow gitu carakerja tabung gas itu.. terus terang ane baru tahu dari baca posting ini.. nixe share n happy blogging

    BalasHapus
  4. Ini yang saya takuti kalo mengelas dengan karbit sob,setelah saya baca disini saya dapat ilmu baru untuk mencegahnya.

    BalasHapus
  5. ledakan tabung karbit, baru saja terjadi di bengkel dekat rumah saya sekitar 2 bulan lalu.
    bener-bener keras ledakannya sampai kaget saya. penutup tabungnya terpental jauh. beberapa kaca mobil yang lagi di bengkel itu dekat dengan tabung pada pecah.
    syukur aja gak ada korban,,

    BalasHapus
  6. wah sangat bermanfaat nih, makasih sobat untuk artikelnya

    BalasHapus
  7. kalau tabung karbit meledak bisa gawat sob,, mungkin dengan tips diatas bisa mencegah meledaknya tabung karbit tersebut,, :)

    BalasHapus
  8. salam sahabat
    jadi tahu secara menyeluruh
    terima kasih informasinya.
    maaf telat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
  9. Saya belum pernah dengar sob yang namanya ledakan Karbit. Atau mungkin saya sudah pernah dengar, namun pada saat itu saya tidak menyadari bahwa ledakan itu adalah ledakan karbit.

    BalasHapus
  10. Baru tahu ni sob, coz aku bkn tukang las sih.

    BalasHapus
  11. makasih atas info nya pak!
    saya seorang pemula & baru belajar dlm dunia bengkel, jadi saya sangat membutuhkan informasi nya.

    BalasHapus
  12. Anonim8/13/2012

    tolong dibahas cara membuat/merancang mur pengaman pada tabung pengaman.makasih.

    BalasHapus
  13. Untuk mur pengaman yang dimaksud sudah tersedia di toko-toko peralatan las, jadi tidak perlu membuat dan merancang karena hanya tinggal pasang.......

    BalasHapus
  14. Anonim7/03/2013

    Baru tau aku Bang.. Makasi.

    BalasHapus
  15. corong nomer 4 nggak ada tutupnya pa airnya nggak kluar kedorong ma gas..???? &kalo da kluar airnya,bsa habis donk gasnya.????

    BalasHapus
  16. @ Cahaya Gemilang

    Tutup corong nomor 4 memakai tutup baud, karena corong tersebut model mur baud.

    BalasHapus
  17. oke bang .makasih tu' infonya...........

    BalasHapus
  18. kalau boleh share juga bagaimana keamanan ngelas dengan memakai gas prophane/LPG terima kasih.

    BalasHapus
  19. @ Adang Sukandar

    Insya Allah akan segera di share

    BalasHapus
  20. saya pemula pak, mau tanya api balik itu krnapa hanya meledakkan mur pengaman saja? apa tidak menembus ke tabung besar? apa karena ada batas airnya?
    tolong kasih tau prosesnya pak . terima kasih.

    BalasHapus
  21. @fahri tazoel
    Ya, tidak bisa menembus ke tabung besar karena tertahan di air pengaman di tabung kecil.

    BalasHapus
  22. Terima kasih. Infonya sangat bermanfaat.

    Saya ingin bertanya.

    1. Selain dari nyala api balik, Adakah faktor lain yang dapat menyebabkan ledakan pada tabung las karbit ?

    2. Berapa banyak jumlah karbit yang harus dimasukan ke dalam tabung karbit untuk menghindari tekanan yang terlalu tinggi?

    3. Apakah terlalu banyak air akan berbahaya bagi tabung las atau seperti apa ?

    4. Apakah ada alat yang dapat mendeteksi kebocoran pada tabung las karbit ?

    Terima kasih.
    Salam kenal.

    BalasHapus