On Facebook

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Dibalik Pesawat Sukhoi Superjet 100





Bengkel Bangun - Pada dua terakhir ini pemberitaan kecelakaan pesawat terbang jenis Sukhoi sedang ramai diberitakan, tapi kali ini Bengkel Bangun tidak akan menyajikan kronologis kecelakaan tersebut, melainkan akan mengenalkan apa dan bagaimana pesawat Sukhoi Superjet 100 ini.




Berikut rincian tentang pesawat sukhoi superjet 100

Negara Pembuat

Pesawat Sukhoi Superjet 100 ini sendiri merupakan pesawat terbaru buatan Russia. Dengan lokasi pembuatan di Komsomolsk-on-Amur, Novosibirsk dan Voronezh, Rusia




Kapasitas penumpang

Untuk kapasitas penumpang, pesawat ini terbagi menjadi dua katagori yaitu 70 orang dan 98 orang. Adapun Jarak tempuh yang dapat dicapai Sukhoi Superjet 100 kapasitas 98 kursi adalah 3.279 kilometer dan 4.620 kilometer untuk Superjet 100-95LR.


Kecepatan

Kecepatan maksimal pesawat yang diproduksi perdana pada 2007 itu adalah 0,81 mach (992,29 kilometer per jam) dengan ketinggian terbang maksimum 12,5 kilometer. Sedangkan berat maksimum yang dapat ditahan ketika ‘take-off’ 38.8 ton, 35 ton ketika mendarat, dan berat kosong 9,13 ton.

Dimensi

Khusus untuk Desain Interior dalam Pesawat Sukhoi Superjet 100, kabin pesawat superjet 100 kelas bisnis terdiri dari empat kursi dalam satu baris dan kelas ekonomi terdiri dari lima kursi dalam satu baris. Dimensi lebar kabin pesawat 127,48 inci (3,22 meter), ketinggian kabin 2,12 meter, dan jarak lebar antar kursi 18,31 inci (0,47 meter).


Panjang pesawat: maksimal 29.94 m
Lebar sayap: 27,80 m
Tinggi: 10,28 m
Lebar kabin: 3,236 m
Tinggi kabin: 2,12 m
Lebar lorong kabin: 51 cm
Lebar kursi: 46.5 cm

Inilah keunggulan teknologi Sukhoi Superjet 100 seperti yang dilansir sukhoi.org:
  1. SSJ-100 mudah dan aman untuk pilot. Desain kokpit yang dikenal dengan The Human Centered Design, memungkinkan pilot untuk melakukan pendaratan sendiri (tanpa co-pilot). Selain itu, desain kokpit yang gelap dan tenang, menawarkan ketepatan, kenyamanan dan kehandalan dilengkapi tuas kendali dibagian samping, berdekatan dengan jendela kokpit.
  2. Kendali pesawat dengan fly-by-wire elektronik, memudahkan pilot dalam pengendalian dan pendaratan yang berarti pesawat ini dapat dikendalikan secara otomatis. Fly by ware juga mengontrol penuh fitur stabilizer horizontal yang menghasilkan kestabilan dan pengurangan efek hambatan dari sisi aerodinamikanya.
  3. SSJ 100 dilengkapi dengan alat pendeteksi kegagalan sistem yang dibuat oleh Thales dan dilengkapi dengan Traffic Collision Avoidance System (TCAS) sebagai sistem yang berfungsi untuk mendeteksi jika pesawat itu akan mengalami tumbukan dengan pesawat atau obyek lain. Sistem avionik ini digadang-gadang sebagai sistem dengan keunggulan dan kehandalan dalam keselamatan penerbangan.
  4. Dilengkapi dengan mesin SaM146 terbaru keluaran Powerjet untuk memenuhi persyaratan lingkungan dan kebutuhan akan performa terbaik. Penggunaan Mesin SaM146 bertujuan untuk penghematan bahan bakar sampai 10%. Keunggulan yang tidak dimiliki pesawat sekelas, seperti Embraer dan Bombardier. Mesin SaM146, dikembangkan oleh Powerjet, sebuah joint venture antara NPO Saturn Rusia dan Snecma Perancis.
  5. Desain bodi pesawat yang lebih luas dengan daya tampung mencapai 98 orang. Kelas Bisnis berkursi 2-2 dan kelas Ekonomi didesain 2-3 kursi. Waktu penerbangan lebih dari 1 jam, melayani penerbangan jarak menengah.
  6. Kenyamanan dengan kabin yang luas dan tinggi, demikian pula pada lebih banyaknya ruang yang tersedia di bawah kursi, di atas kepala penumpang, dan di kursi dekat jendela. Ruang bagasi yang luas juga menjadi nilai tambah sehingga bisa memuat barang dengan jumlah lebih banyak.(Dari berbagai sumber)

0 Response to "Dibalik Pesawat Sukhoi Superjet 100"

Posting Komentar