Home » » Cara Las Aluminium

Cara Las Aluminium

Written By Bagus Sugiarto on Rabu, 30 Mei 2012 | 13.29

Bengkel Bangun - Pada kesempatan kali  ini Bengkel Bangun akan menjelaskan tentang proses Pengelasan Aluminium. Walaupun ada jenis Pengelasan Aluminium yang mudah dipergunakan yaitu Las Argon, namun kali ini Bengkel Bangun akan berbagi bagaimana cara Las Aluminium dengan perlengkapan yang sederhana dengan hasil maksimal.

Karena sifat Aluminium yang mudah mencair kalau dipanaskan sampai titik didih yang telah ditentukan maka yang cocok untuk pengelasan adalah menggunakan Las Karbit atau Las Oksi Asetilin. Hal ini telah kami buktikan dan mempunyai kualitas yang tidak bisa diragukan lagi. Karena daya lekat las yang meggunakan las karbit mempunyai ketahanan yang mendekati sempurna.

Juga kemampuan tukang yang mengelas mempengaruhi juga, semakin ahli dalam mengelas semakin sempurna juga hasil yang di kerjakan.

Untuk tahap pengelasan Almunium terbagi atas tiga tahap yaitu:
  1. Pembuatan bahan pengisi

    Untuk pembuatan bahan pengisi anda bisa menggunakan sampah aluminium yang sudah tidak terpakai lagi, bisa berupa piston bekas, sepatu kampas rem, dll.


    Bahan pengisi dari bekas Aluminium


    Semua bahan tersebut dicor menjadi bagian kecil memanjang seperti halnya kawat las pada las listrik. Untuk panduan cara membuat bahan pengisi Las Aluminium ini silahkan untuk buka tab selanjutnya tentang pembahasan Pembuatan Bahan Las Aluminium.

  2. Proses pengelasan
    Sebelum anda melakukan pengelasan aluminium ada baiknya awali dengan pengenalan dengan titik didih aluminium sampai batas cair. Hal ini untuk mempermudah memperkirakan sampai batas mana pemanasan aluminium yang akan dilas. Sebab tanpa ada keselarasan antara panas aluminium yang di las dengan gerakan tangan dalam menaruh bahan pengisi, akan berakibat fatal. Yaitu akan terjadi kerusakan benda kerja berupa kelebihan panas yang mengakibatkan benda kerja akan mencair.

  3. Tahap finishing

    Tahap finishing adalah berupa pembentukan hasil las seperti sediakala, bisa menggunakan kikir, gerinda milling dll.
Dari ketiga tahap pengelasan tersebut diatas jika dilaksanakan dengan baik akan menghasilkan Las yang berkualitas dengan perlengkapan sederhana......

Bagi anda yang kebetulan punya akses untuk mengelas aluminium silahkan mencoba dan jika dirasa kurang jelas silahkan untuk menghubungi kami. [BB goes]

Share this article :


 
Support : Bengkel Bangun Online
Copyright © 2011 - 2021. Bengkel Bangun
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger