On Facebook

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Mengatasi Kebocoran Tangki Pendam SPBU

Bengkel Bangun - Beberapa waktu yang lalu Bengkel Bangun mendapat tugas untuk mengatasi Tangki Pendam SPBU yang tak jauh dari lokasi Bengkel Bangun. Walaupun kebocoran tidak terlalu lebar sekitar D = 2 cm , tapi diperlukan teknik dan cara tersendiri.

Bisa dibayangkan jika seandainya tangki pendam tersebut ditambal dengan cara di las bisa mengakibatkan  kemungkinan terburuk yaitu bahaya ledakan. Walaupun tangki yang dimaksud untuk menampung BBM jenis solar tapi tidak menutup kemungkinan ada kebocoran lain (Premium) yang membahayakan jika di tambal dengan cara di las.

Strategi yang kami lakukan adalah dengan cara didoubling dengan pelat besi dengan ketebalan 8 mm dengan panjang dan lebar adalah 20 cm.

Berikut prosesi doubling plat tersebut:

1. Siapkan plat yang sudah dibentuk dengan panjang dan lebar 20 cm

2. Bor dan Taps tangki di sekeliling lubang bocor dengan ukuran taps W 1/2 12. Lihat diposting sebelumnya tentang Membuat Mur (ulir dalam) untuk mengetahui cara menentukan ukuran bor dan taps yang ideal.

3. Bor juga Plat besi untuk doubling sesuai yang di taps

4. Sebelum fhinising beri dempul cair pada permukaan yang mau didoubling dengan plate doubling dan di antara keduanya pasang paking anti minyak untuk memperkuat daya rekat.

5. Pekerjaan selesai



Mr Maman (Pengawas Lapangan) memeriksa hasil pekerjaan Bengkel Bangun

6 Responses to "Mengatasi Kebocoran Tangki Pendam SPBU"

  1. tips penting dan bermanfaat untk pkerjaan teknik..

    BalasHapus
  2. wah.. mantaaabbbss, ane kurang ngerti yang beginian sob jadi cuma bisa kasih applause.. :D

    BalasHapus
  3. wah.. mantaaabbbss, ane kurang ngerti yang beginian sob jadi cuma bisa kasih applause.. :D

    BalasHapus
  4. mantap sob infonya, lam knal.....

    BalasHapus
  5. tips yang sangat bermanfaat-apalagi pembangunan SPBU sudah menjamur di seluruh kota Indonesia jadi perlu ada cara yang tepat untuk mengatasi masalah kerusakan atau kebocoran pada tangki penampungan BBM..salam :-)

    BalasHapus
  6. tips yang sangat bermanfaat-apalagi pembangunan SPBU sudah menjamur di seluruh kota Indonesia jadi perlu ada cara yang tepat untuk mengatasi masalah kerusakan atau kebocoran pada tangki penampungan BBM..salam :-)

    BalasHapus