Home » » Cara Kerja Mesin Diesel

Cara Kerja Mesin Diesel

Written By Bagus Sugiarto on Sabtu, 17 Desember 2011 | 04.58

Bengkel Bangun - Kalau sebelumnya Bengkel Bangun sudah membahas cara kerja atau langkah kerja mesin bensin 4 tak, berikut akan kami bahas tentang cara kerja mesin diesel. Pada dasarnya mesin diesel bahan bakarnya mengguankan solar. Adapun didalam pembakaran digunakan udara byang telah dikompresi pada saat langkah kerja atau pemampatan udara di dalam ruang bakar.

Mesin diesel sangatlah besar peranannya pada saat sekarang, karena mesin industri maupun transportasi sebagian besar menggunakan mesin diesel. Dikarenakan disamping perawatannya yang mudah dibanding mesin lain juga mempunyai tenaga yang besar juga.


Berikut urutan langkah kerja dari mesin diesel:


1. Periode pemasukan = 18` = 180` = 48` = 246`

2. Pmampatan (Kompresi ) = Semua katup trtutup

3. Expansi = Semua katup tertutup

4. Pembuangan = 46` = 180` = 18` = 246`





A = Katup masuk membuka penuh (246/2) = 123


B = Katup buang membuka penuh (246/2) = 123


1. Langkah Masuk

Pada saat langah pemasukan, piston bergerak dari TMA ke TMB. Dengan bergeraknya piston maka akan menghisap udara luar. Adapun katup yang membuka adalah katup masuk dan katup buang tertututp.

2. Langkah Kompresi

Setelah piston mengadakan atau pemasukan maka piston akan bergerak dari TMB ke TMA, gerakan ini dimaksudkan agar udara yang ada di ruang bakar segera dikompresikan atau dipampatkan. Adapun katup masuk dan katup buang dalam keadaan tertutut dengan demikian udara tidak akan keluar

3. Langkah Tenaga atau Pembakaran

Pada saat langkah kompresi maka langkah piston TMA bahan bakar yang berada dalam nozel disemprotkan dalam ruang bakar berupa kabut , maka dengan sendirinya akan terjadi pembakaran. Dari proses ini lah akan terdorong piston dari TMA ke TMB sedang katup masuk dan buang masih dalam keadaan tertutup.

4. Langkah Buang

Setelah langkah terakhir maka piston akan bergerak dari TMB ke TMA, dengan gerakan piston ini maka akan mendorong gas hasil pembkaran pada saat langkah tenaga, pada saat ini katup buang membuka sedang katup masuk akan tertutup.

5. Waktu Injeksi

Injeksi dimulai pada saat piston dalam keadaan 62` sebelum TMA dan langkah diakhiri 18` sesudah TMA. Diantara 60` sebelum TMA dan sesudah TMA digunakan injector untuk injeksi kan bahan bakar didalam ruang bakar itu sendiri. [Goes-bb]

Share this article :


 
Support : Bengkel Bangun Online
Copyright © 2011 - 2021. Bengkel Bangun
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger