Bengkel Bangun - Kalau sebelumnya Bengkel Bangun sudah membahas cara kerja atau langkah kerja mesin bensin 4 tak, berikut akan kami bahas tentang cara kerja mesin diesel. Pada dasarnya mesin diesel bahan bakarnya mengguankan solar. Adapun didalam pembakaran digunakan udara byang telah dikompresi pada saat langkah kerja atau pemampatan udara di dalam ruang bakar.

Mesin diesel sangatlah besar peranannya pada saat sekarang, karena mesin industri maupun transportasi sebagian besar menggunakan mesin diesel. Dikarenakan disamping perawatannya yang mudah dibanding mesin lain juga mempunyai tenaga yang besar juga.


Berikut urutan langkah kerja dari mesin diesel:


1. Periode pemasukan = 18` = 180` = 48` = 246`

2. Pmampatan (Kompresi ) = Semua katup trtutup

3. Expansi = Semua katup tertutup

4. Pembuangan = 46` = 180` = 18` = 246`





A = Katup masuk membuka penuh (246/2) = 123


B = Katup buang membuka penuh (246/2) = 123


1. Langkah Masuk

Pada saat langah pemasukan, piston bergerak dari TMA ke TMB. Dengan bergeraknya piston maka akan menghisap udara luar. Adapun katup yang membuka adalah katup masuk dan katup buang tertututp.

2. Langkah Kompresi

Setelah piston mengadakan atau pemasukan maka piston akan bergerak dari TMB ke TMA, gerakan ini dimaksudkan agar udara yang ada di ruang bakar segera dikompresikan atau dipampatkan. Adapun katup masuk dan katup buang dalam keadaan tertutut dengan demikian udara tidak akan keluar

3. Langkah Tenaga atau Pembakaran

Pada saat langkah kompresi maka langkah piston TMA bahan bakar yang berada dalam nozel disemprotkan dalam ruang bakar berupa kabut , maka dengan sendirinya akan terjadi pembakaran. Dari proses ini lah akan terdorong piston dari TMA ke TMB sedang katup masuk dan buang masih dalam keadaan tertutup.

4. Langkah Buang

Setelah langkah terakhir maka piston akan bergerak dari TMB ke TMA, dengan gerakan piston ini maka akan mendorong gas hasil pembkaran pada saat langkah tenaga, pada saat ini katup buang membuka sedang katup masuk akan tertutup.

5. Waktu Injeksi

Injeksi dimulai pada saat piston dalam keadaan 62` sebelum TMA dan langkah diakhiri 18` sesudah TMA. Diantara 60` sebelum TMA dan sesudah TMA digunakan injector untuk injeksi kan bahan bakar didalam ruang bakar itu sendiri. [Goes-bb]

Categories:

18 Responses so far.

  1. anisayu says:

    ilmu yang bermanfaat banget
    sapa tahu aku beli diesel suatu saat
    darimu aku dah dapat
    cara yg mudah can mantab... :)

  2. woo, nice share gan..
    keduax dulu..
    thanks for share, salam persahabatan.. :)

  3. Farixsantips says:

    mantap banget nih mesin diesel, ane udah menyangka kerjanya menggunakan roda berputar :) makasih ya gan

  4. terimakasih dengan adanya artikel ini saya mendapat pengetahuan baru

  5. wah info yang sangat menarik dan bermanfaat terimakasih ditunggu artikel berikutnya

  6. BLOGCUNAYZ says:

    wah lengkap banget pengertiannya,thank gan untuk ilmunya

  7. aye, thanks gan..
    mari kalo mau mampir gan..
    hihi :D
    salam

  8. obat maag says:

    informasi yang sangat bermanfaat

  9. Kang Topjer says:

    silaturahmi ke t4 sobat neh,, ttp smangat aja yah kang ;)

  10. terimakasih gan atas informasinya.. mantab banget artikelnya. slam kenal dari anak prakerin

  11. Farixsantips says:

    sukses ya gan untuk proyek bengkel bangunnya :)

  12. beruntung sekali saya bisa berkunjung di blog sahabat ini, bisa menambah pengetahuan tentang diesel :-)

  13. Perawatannya memang mudah,namun ada yang mengatakan katanya mesin diesel jarang rusak,tapi sekalinya rusak memerlukan biaya yang sangat tinggi untuk perbaikannya,apa betul GAn.
    Makasih banyak tuk info cara kerjanya,happy blogging.

  14. Farixsantips says:

    mesin diesel dengan melihat cara kernajanya sepertinya sangat berat ya sob. apa betul menghabiskan banyak bahan bakar yang di gunakannya? :)

  15. kunjungan pada pagi hari menyapa sahabat terbaik di dunia maya :)

  16. B'art says:

    keren mas infonya,,nice share

  17. Sundul says:

    ilmu yang sangat berguna.
    support terus Sobat

  18. Reza Tama says:

    Masih ingat dari saya masih sekolah SD kelas 5 dan pindah (pulang) ke lampung, rumah pakde lataknya sekitar 2 kilo dari jalan raya jadi belum ada listrik masuk kesana, sebagai orang yang lumayan punya uang beliau tetap menerangi rumah besarnya yang ditengah kebun kopi itu dengan listrik. Bukan hanya rumahnya tapi juga rumah ponakannya. yang dipakai adalah sebuah mesin diesel besar dibelakang rumah. Diesel ini baru diganti dengan listrik PLN beberapa tahun yang lalu saat dana swadaya diperuntukan untuk masuknya listrik ke daerah tempat tinggal beliau.

Leave a Reply