Bengkel Bangun - Mata adalah jendela untuk melihat dunia, tapi bagaimana jika ada sesuatu yang mengganjal di bola mata ?? Pastinya akan sakit dan mengganggu penglihatan. Dalam pekerjaan teknik kasar seperti Bengkel Bangun mata akan terkena benda asing sangatlah besar kemungkinannya seperti terkena serpihan pada waktu menggerinda, percikan las dan lain sebagainya.

Kita ambil contoh jika mata terkena percikan batu gerinda pada pekerjaan sedang  menggerinda, karena percikan tersebut sangat panas dan mempunyai tekanan lempar yang kuat dapat dipastikan serpihan akan gerinda menancap di bola mata dengan kuat, jika sudah demikian diperlukan bantuan dokter untuk mengangkat serpihan sisa gerinda tersebut dan dana yang harus dipersiapkan juga lumayan sekitar 300 - 400 rb.



Percikan Gerinda yang Membahayakan Untuk Mata


Dan untuk yang mengalami hal demikian Bengkel Bangun mempunyai tips tersendiri bgaimana cara mengangkat serpihan gerinda tanpa perlu membawa ke dokterdan dijamin tanpa membuang biaya yang begitu besar.

Langkah-langkah yang harus dilakukan sbb:

Peralatan

1. Jarum steril (bisa dengan jarum suntik yang masih disegel)

2. Bius mata lihat di sini.

3. Obat luka (bisa cari di apotik)

4. Cermin

5. Senter kecil

6. Jika diperlukan seorang teman ada baiknya yang seprofesi karena akan lebih tahu

Bius Mata


Proses Operasi

1. Teteskan bius mata 2 tetes tunggu beberapa saat

2. Pasang cermin untuk melihat bagian mana yang akda serpihannya jika sendirian jika dengan teman lebih mudah

3. Usap serpihan gerinda dengan ujung jarum, hati-hati melakukannya dan jangan di cungkilkan dengan ujung jarumnya tapi dusapkan ke serpihannya untuk melepaskan dari bola mata. Jika kurang terang pasang senter untuk memperjelas.

4. Operasi kecil telah selesai dilakukan tinggal memberi obat luka pada bola mata yang terkena serpihan  tersebut.

Semoga tips tersebut dapat membantu dan berguna bagi pekerja kasar seperti tersebut di atas. [Goes-bb]

Categories: ,

31 Responses so far.

  1. Er'end says:

    Saya sering sekali kejadian diatas Mas,terkena serpihan elko yang pecah.Tipnya sangatlah berguna,maksih banyak yach,happy blogging.

  2. Rama88 says:

    kalau tekhnisi bengkel pasti sering tuh ngalamin yg kyk begini sob,, kalau saya paling kelilipan debu,, hehehe,, makasih tips nya sobat, :)

  3. bunggsu says:

    wach,disini tempatnya buat para pengguna bengkel ,info bengkel nya lengkap ada disini,,mantabss

  4. Kang Topjer says:

    wahhh,, bahaya tuh kang, napa gak dibawa ke dokter aja?

  5. yoyo says:

    hiyyy syereem atuh... jgn nekat loh.. paling aman ke doktersj lah..

  6. zaenal blog says:

    kebetulan dirumah sering ada yang ngelas,dan ada Blognya juga bengkel kharisma dot com.
    ternyata ada obatnya ya,
    kirain cuma pake air aja.....
    makasih pak,
    thanks

  7. BLOGCUNAYZ says:

    mending cari aman aja (pake kaca mata) wkwkwkw

    thank for share sob

  8. selamat tahun baru gan

  9. hbis liat judulnya ngeri gan,,,

    salam blogwalking

    hmsf08.blogspot.com

  10. NgeCis says:

    hati2laah gan jgn sampai kena mata, bawa plindung

  11. menyeramkan juga sob, kalau sampai percikan api tersebut mengenai mata...

  12. iya lebih aman pake kaca mata..

  13. Anonim says:

    nama obat biusnya apa pak? soalnya saya udah 3 hari percikan gurinda nancap di bola mata saya...... tolong segera di beri tau dan di mana bisa di dapat' karna di apotik tidak menjual. mohon segera
    terima ksih pak

  14. Baca artikel sebelumnya di http://www.bengkelbangun.com/2011/05/mengatasi-sakit-mata-akibat-las-listrik.html

    Obat ada di apotik.

  15. Wildan Azam says:

    rincian cara untuk memgkat serpihan batu gerinda dengan jarum suntik itu seperti apa?. Mohon jawabanya bos

  16. Baca ulang pada bab Proses Operasi, sudah sangat jelas.

  17. eko sempak says:

    sudah 3hari percikan tersebut nancep di mata saya, tepat di bola mata hitam. minyak angin sudah di oleskan, minum obat ampicillin pun sudah. tapi gak ad perubahan.
    apa bener ngangkat percikan tersebut sama dokter cuman 400rb an, kalo memang segitu nanti saya coba. make jarum suntik ma ngeri gan, kena tangan aja sakit apa lagi mata.

  18. Anonim says:

    Percikan grinda yg mengenai mata akn menyebabkan infeksi atau tetanus gx gan?

  19. Anonim says:

    Hanya masukan Cara cungkil serpihan yg ada d mata, pakai ujung pojoknya duit kertas yg msh baru/msh kaku. Kalau pakai ujung jarum terlihat extreem

  20. Khoyak Tomen says:

    Klo trlanjur ktanam gmn gan cz di geser gramnya g gerak

  21. Di malang, apotik mana yg jual pantocain. Mohon sms ke 085235888856 bagi yg tahu

  22. Rosyid Ridho says:

    Tetap Safety first!!
    Gunakan selalu alat perlindungan diri (APD)
    salam

  23. Agus Riyanto says:

    Klu aku pakai katerbat gan. Sakit gk sakit, mata meleleh air melulu aku usap dah pakai katerbat gram'nya,,,mau berobat.besok kena lagi_300 hehe

  24. Anonim says:

    Kalau dibiarkan apakah bisa hilang sendiri gramnya atau ada evek samping untuk kedepannya ? Saya juga kena gram di bola mata tapi saya obati dengan tetes mata dan minum neuralgin rasa nyeri dan pegalnnya hilang...

  25. Kalo gram udah lepas apa ada efeknya ya sob ? apa bisa sembuh total apa gimana ? Minta infonya .trmksh

  26. mas bagyo says:

    Sakit kga om,,,niat nya nanti besok ane mw priksa ke puskesmas
    Ane dri tegal juga

  27. Masukkan komentar Anda...beli obat bius mata susah carinya di apotik..

  28. Unknown says:

    Pak 4 hari lalu syarat sdh operasi kecil keklinik untuk ambil serpihan Gerinda skrg kurleb sdh ada 2 Minggu tp mata sy klo kena sinar lampu atau pantulan matahari mata saya kok mesti silau,panas,nyeri gitu pak...klo untuk kesembuhan total biasanya brp Minggu/bulan?

  29. Unknown says:

    Ane dulu jg pernah ngalamin seperti yg admin tulis. Hampir 1 minggu nggak sembuh" Ahirnya saya bawa ke dokter buat ngangkat gram yg nancep di mata. Buat biyayanya sekitar 400rbuan itu belom termasuk obatnya.

Leave a Reply