Home » » Pahat / Pisau Bubut

Pahat / Pisau Bubut

Written By Bagus Sugiarto on Sabtu, 17 September 2011 | 05.41

Bengkel Bangun - Dalam pekerjaan bubut, peralatan utama yang digunakan untuk pekerjaan tersebut adalah pisau / pahat bubut. Jenis dan bahan pisau bubut yang banyak digunakan di industri-industri dan bengkel-bengkel antara lain baja karbon, HSS, karbida, diamond dan ceramik.

Untuk setiap pembubutan hal-hal yang harus diperhatikan adalah bahan apa yang menjadi objek pembubutan. Dan jika ini sudah diketahui barulah kita menentukan jenis dan bagaimana cara pembubutan.


Macam-macam Pisau bubut

1. Pisau sisi kanan
2. Pisau pinggul
3. Pisau sisi atau permukaan kanan
4. Pisau sisi atau permukaan (besar)
5. Pisau ulir segitiga kanan
6. Pisau alur
7. Pisau alur segitiga (kanan kiri)
8. Pisau ulir segitiga kiri
9. Pisau sisi kiri
10. Pisau pinggul kiri
11. Pisau alur lebar


Besar sudut Pisau Bubut

Untuk dapat memotong dengan baik, pisau bubut perlu adanya sudut baji, sudut bebas dan sudut tatal sesuai ketentuan, yang semua Ini disebut dengan istilah geometris alat potong. Sesuai dengan bahan dan bentuk pisau, geometris alat potong untuk penggunaan setiap jenis logam berbeda.

1. Pisau bubut rata kanan

Pahat bubut rata kanan memilki sudut baji 80º dan sudut-sudut bebas lainnya sebagaimana gambar,dan pembubutan uini dimulai dari kiri ke kanan mendekati cekam bubut.




2. Pisau bubut rata kiri

Sudut baji rata kiri sebesar 55º, dan biasanya digunakan unutk pembubutan yang dimulai dari kiri ke kanan mendekati kepala lepas.




3. Pisau bubut muka

Pahat bubut muka memiliki sudut baji 55, pahat ini bisa digunakan baik dari kanan maupun kiri benda kerja.




4. Pisau bubut ulir

Pahat bubut ulir memilki sudut puncak tergantung dari jenis ulir yang akan dibuat, sudut puncak 55° adalah untuk membuat ulir jenis whitwhort. Sedangkan untuk pembuatan ulir jenis metrik sudut puncak pahat ulirnya dibuat 60°.


Share this article :


 
Support : Bengkel Bangun Online
Copyright © 2011 - 2021. Bengkel Bangun
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger