Home » , » Kopling Ganda Sepeda Motor

Kopling Ganda Sepeda Motor

Written By Bagus Sugiarto on Rabu, 21 September 2011 | 04.44

Bengkel Bangun - Fungsi kopling adalah sebagai penghubung dan pemutus tenaga putaran mesin dari poros engkol. Pada umumnya kopling terletak diantara primer reduksi dan transmisi, atau untuk tipe lain yang terletak pada poros engkol.

Dalam rangkain mekanisme mesin disamping terdapat perangkat kopling itu sendiri tak jarang kita menjumpai juga kopling ganda dalam rangkaian itu sendiri. Lihat gambar dibawah yang kami ambil contoh pada sepeda motor Supra. Sebelah kanan adalah kopling ganda dan sebelah kiri adalah kopling yang bertugas memutus dan meneruskan gerak putaran mesin yang dihasilkan oleh poros engkol.


Kopling Ganda itu sendiri  terdiri dari kopling primer yang bekerja berdasarkan gaya sentrifugal dan kopling sekunder yang bekerja secara konvensional atau disebut juga garpu kopling (shift clutch).

Bagian-bagian kopling primer adalah:

(1) Clutch Shoe (sepatu kopling) yang berputur mengikuti poros engkol.
(2) Clutch Drum (rumah kopling) yang berhubungan dengan kopling konvensianal.

Mekanisme kerja kopling ganda, yaitu:


Pada saat poros engkol putaran rendah (mesin putaran lambat), clutch shoe (sepatu kopling) belum mengembang, karena masih tertahan oleh pegas, dengan demikian clutch drum (silinder kopling)-pun belum berputar, pada saat putaran mesin mulai meninggi maka sepatu kopling mulai mengembang karena adanya gaya snritrifugal. Dengan mengembangnya sepatu kopling maka silinder kopling akan ditekan (seperti proses rem tromol) dan berputar. Selanjutnya akan meneruskan putarannya ke kopling sekunder dan kopling sekunder akan melakukan prosesnya Seperti halnya kopling kanvensional, kopling ganda digunakan pada sepeda motor  dengan tujuan untuk mengatasi hentakan pada saat sepeda motor masuk gigi satu pada awal start. Dan dapat memindahkan tenaga motor ke transmisi tanpa slip. [Goes-bb]

Share this article :


 
Support : Bengkel Bangun Online
Copyright © 2011 - 2021. Bengkel Bangun
Template by Maskolis
Proudly powered by Blogger