On Facebook

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Penyalaan Las Karbit

Bengkel Bangun - Sebelum melangkah lebih jauh tentang cara pengelasan las Karbit ada baiknya mempelajari dari dasar pengetahuan tentang las karbit. Faktor utama dalam keberhasilan dalam pengelasan adalah memahami atau mengerti 3 dasar penyalaan pada las karbit.

Ketiga penyalaan ini dapat diatur pada pembukaan pembukaankatup acetylene terlebih dahulu sampai api pada posisi batas tidak berjelaga yang kemudian dilanjutkan dengan pembukaan katup oksigen sampai diperoleh nyala api yang dikehendaki.

Ada 3 nyala api las yang dapat diterangkan secara detail sebagai berikut:

1. Nyala Karburasi

Nyala Karburasi adalah nyala dimana gas asitilin yang dikeluarkan tidak terbakar sempurna karena asupan gas oxygen kurang. Atau lebih jelasnya perbandingan gas Asitilin lebih banyak dibandingkan oxygen. Nyala ini ditandai dengan adanya kerucut tengah diluar kerucut inti dan kerucut luar. (lihat gambar)

2. Nyala netral

Nyala netral merupakan nyala dimana gas asitilin yang dikeluarkan secara sempurna terbakar semuanya dengan bantuan gas oxygen yang seimbang. Nyala ini ditandai dengan terbentuknya kerucut inti yang bersinar biru kemilau, hilangnya kerucut tengah, dan terbentuknya kerucut luar yang lebih pendek dari kerucut luar pada nyala karburasi.

3. Nyala oksidasi

Nyala oksidasi merupakan nyala dimana gas asitilin yang dikeluarkan tidak sebanding dengan konsumsi gas oxygen. Nyala ini ditandai dengan terbentuknya kerucut inti yang lebih pendek dari nyala netral yang berwarna biru kusam dan tidak kemilau, kerucut luar yang lebih pendek, serta munculnya bunyi desis yang lebih. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut:


Dari keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa tiga penyalaan api pada las karbit merupakan dasar pembelajaran sebagai seorang tukang las. [Goes-bb]

2 Responses to "Penyalaan Las Karbit"