Selasa, 23 Agustus 2011

Diagram Pengisian Baterai Sepeda Motor


Rahasia Diungkap


Bengkel Bangun - Jika sebelumnya Blog Teknik telah menerangkan tentang fungsi kiprok dan cara test kiprok, untuk selanjutnya Blog Teknik akan menerangkan bagaimana cara kerja / sirkulasi kelistrikan pada sistim pengisian baterai sepeda motor.

Sudah di terangkan sebelumnya bahwa fungsi Kiprok sebagai pengubah arus dari AC ke DC guna menyalurkan arus dari spoel pengisian ke baterai.

Berikut gambar diagram dari rangkaian kelistrikan pada sistem pengisian pada sepeda motor.



Dari gambar diatas kita ketahui bahwa:

1. Arah arus berasal dari kabel kumparan (spoel) magnet berkutub negatif (-) menuju ke Kiprok pada kaki nomor 3



2. Kaki nomor 1 menuju ke spoel magnet pada kutub positif.

3. Kaki nomor 4 pada kiprok mengalirkan arus menuju ke kutub positif pada baterai.

4. Dan terakhir dari kutub negatif baterai akan mengalirkan arus ke kaki nomor 1 pada kiprok.




Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar animasi berikut;




Dari gambar di atas sangat jelas  untuk dipelajari dari mana dan kemana arus yang mengalir.





Dengan rangkaian tersebut maka arus listrik akan sempurna mengalir atau masuk ke baterai berupa arus searah / DC. Lihat gambar dibawah.



Dari gambar tersebut diatas kita juga bisa merangkai empat diode untuk pengganti dari kiprok, ikuti petunjuk dari gambar tersebut, karena pada dasarnya kiprok adalah rangkain empat diode yang sudah tersusun dan siap pakai.

Tag: Diagram pengisian baterai, Diode pengganti kiprok, Cara kerja kiprok, Susunan kelistrikan pada sepeda Motor, Sistem pengisian baterai.

Print Friendly and PDF
Artikel Terkait

28 komentar:

nurcahyaku2 on 23 Agustus 2011 07.18 mengatakan...

Sahabat mohon maaf, kalau saya melihat diagram diatas, output di kiprok kaki 2 dan 4 kok tidak ada stabisator elco yaa, apa memang dengan diagram diatas accu sudah dapat di isi, sekali lagi mohon maaf

Blog Teknik on 23 Agustus 2011 15.04 mengatakan...

@ Nurcahyaku,...........

Dari diagram diatas memang aki sudah bisa terisi dengan arus gelombang penuh seperti gambar diatas, sedangkan mungkin yang sahabat maksud STABILIZER ELCO (electrolityc capacitor) adalah perangkat tambahan, diluar inti dari diagram diatas.

COF on 23 Agustus 2011 21.00 mengatakan...

Jadi tahu mengenai sirkulasi kelistrikan sepeda motor, artikel yang bermanfaat. Thanks ya..

Shinobi Blog on 25 Agustus 2011 06.06 mengatakan...

artikel yg sangat bermaaf sob... jadi tambah wawasan nih... :)

Kepri Online on 27 Agustus 2011 07.35 mengatakan...

Ilmu teknik yang bermanfaat nih, sob..terus terang ane sangat awam dengan yang beginian...Sukses selalu sob..

Blog Teknik on 27 Agustus 2011 13.37 mengatakan...

@ All,

Semoga artikel dari Blog Teknik bermanfaat.

Anonim mengatakan...

diagram diatas sangat membantu sekali. sekarang sy punya pertanyaan gini gan... kiprok buatan pabrik itu kan mahal sedangkan ada kiprok untuk radio/tv yg sudah kita kenal selama ini. itu handal. terus kepikiran masang diode zener untuk menyeimbangkan arus berlelbih. bagaimana diagramnya ya.. kalau boleh tahu, bisa ndak di kasih kode warna dari spul.. mis putih warna apa, merah ke kaki mana dari diagram di atas... makasih sekali bos... saya tunggu informasinya.. mendesak nih makasih lagi

Raihan Marie Ramadhan on 20 April 2012 11.00 mengatakan...

Saya berani kalau bongkar motor sendiri. Cara kerjanya mungkin sedikit tahu,namun diagramnya baru ketemu disini,makasih banyak infonya kawan,nice share,happy blogging.

dharus sholeh on 22 April 2012 08.12 mengatakan...

askum, maaf mas, diagram gambar pada gambar di atas keliru menurut saya, masak kutup positif pada gambar di samping kiprok itu kok gak jadi satu, dan penjelasannya tolong di kroscek lagi, sebelumnya minta maaf

Admin on 22 April 2012 09.21 mengatakan...

@ Dharus Sholeh

Setelah saya cek ulang tidak ada yang salah dari diagram diatas. Perhatikan tanda panah untuk keterangan mengalirnya arus.

brahim_88 on 23 April 2012 22.49 mengatakan...

gan mau tanya saya mau coba teori di atas dioda nya yang berapa amper ya \??

Admin on 23 April 2012 23.11 mengatakan...

@ Brahim_88

Untuk ukuran dioda bisa pakai yang 6 ampere.

Kang Topjer on 26 April 2012 21.25 mengatakan...

buat nmbh pngetahuan otomotip, pdhl gak ngerti blass :D

kangfarhan on 30 April 2012 17.39 mengatakan...

mantep bang,,,,ada skemanya lagi.... sip dan salam kenal ya mas

Made Budi on 3 Mei 2012 19.01 mengatakan...

Jadi bisa mengerti cara pengisian baterei pada sepeda motor, lengkap dengan ualasan diagramnya juga sobat. thanks atas pengetahuannya.

tanaogi.com on 7 Mei 2012 02.54 mengatakan...

visit

Amat on 12 Mei 2012 08.44 mengatakan...

Kiprok kan fungsinya selain mengubah arus ac ke dc,kiprok juga di gunakan untuk membatasi tegangan lampu kepala kan,.
Apa dg dioda itu mampu membatasi tegangannya,.?

Ady al-farizi on 30 Agustus 2012 20.04 mengatakan...

Broo mo tanya aki ane baru tapi buat starter elektrik gak kuat tapi klo dah jln jauh baru bisa,lampu sein kedip bagus,lampu depan nyala terang klo di gas,kelakson bunyi kenceng klo dah jln jauh(ane pake klakson bukan standartnya).ada yg bilang kiprok bermasalah,ada yang bilang aki,,,,kira2 mana yg bener ya?oya motor ane supra fit-X 2008...makasih sebelumnya....maaf klo bisa jawabannya via email (setiabudiriders@gmail.com)

miftah rahma on 22 November 2012 08.59 mengatakan...

gambar di atas menurut saya tidak ada penyetabilan voltage.itu bisa memperpendek umur accu laju pengisian arusnya sangat liar dan besar..kalau bisa gambar itu di perbaiki lagi.dengan menambahkan stabilizer.....kalau anda tau.trims

Admin on 23 November 2012 14.26 mengatakan...

@ Miftah Rahma . . .

Anda betul, jika rangkaian seperti diatas akan memperpendek umur accu, tapi yang saya gambarkan di atas adalah diagram cara kerja pengisian baterai untuik sepeda motor.

Untuk penstabilk anda bisa baca pada posting yang lain, tentang Dioda Zener.

http://www.bengkelbangun.com/2012/04/rangkaian-dioda-zener-pada-sistim.html

Muhammad Roseno on 25 Januari 2013 19.11 mengatakan...

Gan sya pke diagram di atas, ko lampu motor sya putus trus jika rpm kenceng.

gmna solusi'a..?
klo bisa kirim ke email.
muhamadroseno@gmail.com
trimakasih banyak.

junia's on 20 Maret 2013 21.06 mengatakan...

gan kalo pake diagram diatas bisa ga lampu langsung konek ke aki

junia's on 20 Maret 2013 21.10 mengatakan...

oh ya satu lagi gan,kalo diagram diatas ditambahin elco dan dioda zener,pasangnya sebelah mana gang?motor ane vega r th'2005.

Bengkel Bangun on 24 Maret 2013 20.13 mengatakan...

@ junia's
Bisa kok langsung ke aki lampunya
untuk pemasangan zener bisa dilihat di: http://www.bengkelbangun.com/2012/04/rangkaian-dioda-zener-pada-sistim.html

Anonim mengatakan...

pngen cari skema las diesel eh mampir ke mari :D

kamal maniz on 3 Januari 2014 07.29 mengatakan...

sory ganggu neh cuman pengen tanya aje ..
gua punya motor vega'r thn 2004, gua udeh ganti spoel baru ori dan kabel body baru, nah pertanyaan nye kenapa pengapian engine gua selalu ngambilnye di flaser ...
klU d Yng bisa tolong kasih tau ye bro
neh no gua 085781109664
ex: kamal

anggun kancel mengatakan...

Ak mampir ben tambah wawasan mas brow

Sopir Andong on 22 Februari 2014 00.23 mengatakan...

Gambar yg jelas...mudah tuk di pahami.. Mantap sangat membantu bagiku

Galeri

Komentar

 

Copyright 2011 Bengkel Bangun I Template by Bengkel Bangun I Masuk I Support by Web Design ROP I Aktif 14/05/2011 I Dom 03/09/2011