On Facebook

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Bubut Roda Gila

Bengkel Bangun - Kalau sebelumnya kita telah bahas tentang apa itu Roda Gila maka, maka sekarang kita membahas slip kopling akibat Roda Gila aus. Sebagaimana sudah dijelaskan sebelumnya bahwa disamping roda gila berfungsi sebagai penyelaras putaran mesin juga berfungsi sebagai pemindah putaran dari mesin ke transmisi melalui kopling. 

Kopling disini diperlukan sebagai pemutus dan penyambung putaran guna keperluan pemindahan gigi di transmisi. Kinerja kopling akan berlangsung lancar jika didukung oleh dua hal yaitu :

1. Kampas kopling dalam kondisi baik dalam arti tidak tipis.
2. Permukaan Roda Gila rata tidak bergelombang akibat gesekan kopling.

Untuk point ke dua ini jika permukaan roda gila dalam keadaan aus dan tidak rata akan berakibat selipnya kopling hingga jalan kendaraan akan mengalami banyak hambatan.

Untuk mengatasi kerusakan tersebut adalah dengan cara dibubut. Berikut bagaimana cara membubut permukaan Roda Gila untuk hasil yang lebih maksimal.

1. Cabut pen yang menancap pada Roda Gila, terserah bagaimana caranya, tapi dalam praktek kami menambah besi dengan cara dilas setelah itu di keluarkan pelan-pelan.


2. Pasang di cekam bubut dan senter seteliti mungkin.


3. Bubut dengan puratan tak lebih dari 200 rpm, lebih lambat malah lebih baik. Karena ini akan berakibat pada hasil akhir pembubutan. Terlalu cepat akan membuat permukaan Roda gila tidak halus dan rata.


4. Timbulkan 0.3 mm dari permukaan yang lain khusus tempat kampas kopling menapak, Ini dimaksudkan untuk memperlambat slip kopling selanjutnya..


5. Pasang kembali pen yang dilepas ketempat asalnya. Jika melepasnya dengan cara dilas, pasang bekas las tersebut di dalam hingga akan terlihat rapi tidak terlihat lasnya.


6. Kini Roga Gila sudah kembali siap pakai.




Kata Kunci


5 Responses to "Bubut Roda Gila"

  1. mesin bubut sangat berguna gan

    BalasHapus
  2. wah mantap info tekniknya gan, kebetulan saya lulusan teknik mesin jadi enak nih disini review praktikum dulu hehehe :)

    BalasHapus
  3. Jadi inget masa STM dulu kawan,,

    Salam kenal.....

    BalasHapus
  4. wah ini barang apa sih?
    saya belum pernah melihat barang i n..

    BalasHapus